468x60 Ads

Kamis, 02 Juni 2011

Cara pembuatan ketupat(daun lontar) OLEH YUNUS NDAMAYELU

TUGAS BUDIDAYA TANAMAN TAHUNAN Cara pembuatan ketupat(daun lontar) Nama : Yunus Ndamayelu Nim / Semester :0804022608 / VI (Enam) Prodi : Sosek Dosen Wali :Ir.I Nyoman Sirma.Mp FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Ketupat adalah hidangan khas masyarakat Indonesia yang di gunakan sebagai hidangan untuk menyiapkan acara-acara. Di NTT ketupat sangatlah fenomenal yang pada umumnya untuk hidangan pada waktu rekreasi maupun acara besar lainnya. Beberapa catatan yang mungkin dapat dipelajari dalam pembuatan Ketupat yaitu Bahan pembungkus beras adalah daun lontar,namun banyak pula masyarakat di NTT hanya mengenal pembuatan ketupat dengan menggunaksan daun kelapa/pucuk kelapa. Pembuatan ketupat selalu menggunakan daun kelapa.Pada kenyataannya,pula masyarakat NTT menggunakan selongsong (kulit) terbuat dari anyaman daun lontar. Padahal, daun lontar cenderung tidak tahan terhadap panas dan mudah pecah. Ketupat adalah sejenis makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus anyaman daun lontar maupun daun kelapa muda. Secara tradisi, hidangan ketupat ini tidak hanya dinikmati bersama keluarga, melainkan juga dijadikan hantaran kepada tetangga-tetanggaatau juga sebagai kelangsungan dalam berekreasi. B. Tujuan Tujuan dari pembuatan kketupat ini untuk mengetahui:
1. Untuk mengetahui seberapa penting kegunaan daun lontar.
2. Bagaimana proses pembuatan ketupat yang efektif denagan menggunakan daun lontar.

BAB II
PEMBAHASAN
Ketupat adalah hidangan khas masyarakat Indonesia yang di gunakan sebagai hidangan untuk menyiapkan acara-acara. Di NTT ketupat sangatlah fenomenal yang pada umumnya untuk hidangan pada waktu rekreasi maupun acara besar lainnya. Beberapa catatan yang mungkin dapat dipelajari dalam pembuatan Ketupat yaitu Bahan pembungkus beras adalah daun lontar,namun banyak pula masyarakat di NTT.
Pembuatan ketupat dengan menggunakan daun lontar sangatlah langkah karna telah dijelaskan bahwa kebanyakan masyarakat NTT dengan presentase sekitar 70% hanya mengetahui pembuatan ketupat pada dasarnya yaitu dengan menggunakan daun kelapa muda.
Dengan ini untuk mengetahui cara pembuatan ketupat dapat diketahui sebagai berikut:
a) Waktu dan Tempat pembuatan Ketupat:
 Hari / tanggal : Senin 11-05-2011 / 13.00 wita
 Tempat : Oesapa. Jln.komodo, km.09
b) Alat dan Bahan :
 Parang atau pisau
 Daun lontar / pucuk daun lontar.

c) Cara Pembuatan :
 Memotong daun lontar yang masih muda
 Membersihkan dan memilih daun yang baik
 Memisahkan tulangdaun lontar.
 Menganyam dalam bentuk persegi.
d) Contoh gambar pembuatan ketupat:











BAB III
P E N U T U P

3.1. Kesimpulan
Sesuai hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa:
a. Ketupat adalah hidangan khas masyarakat Indonesia yang di gunakan sebagai hidangan untuk menyiapkan acara-acara. Di NTT ketupat sangatlah fenomenal yang pada umumnya untuk hidangan pada waktu rekreasi maupun acara besar lainnya.
b. Beberapa catatan yang mungkin dapat dipelajari dalam pembuatan Ketupat yaitu Bahan pembungkus beras adalah daun lontar,namun banyak pula masyarakat di NTT hanya mengenal pembuatan ketupat dengan menggunaksan daun kelapa/pucuk kelapa.
c. Sebagaimana yang dijelaskan Saudara Oktavianus anyaman daun lontar seolah pecah, robek dan tidak rapi sebagaimana layaknya sebuah anyaman ketupat lagi. Tentu saja beras yang berada di dalamnya terlihat dan tampak jelas telah seperti bubur. Air yang mendidih melunakkan beras dan karena tidak adanya tekanan anyaman daun lontar maka jelas beras menjadi bubur dan tidak mengeras sebagaimana yang diharapkan. Oleh karna itu haruslah teliti dalam menganyam ketupat.
d. Waktu dan Tempat pembuatan Ketupat:Hari / tanggal Senin 11-05-2011 / 13.00 wita,Tempat Oesapa. Jln.komodo, km.09. Alat dan Bahan :Parang atau pisau Daun lontar / pucuk daun lontar.Cara Pembuatan :Memotong daun lontar yang masih mudaMembersihkan dan memilih daun yang baik Memisahkan tulangdaun lontar. Menganyam dalam bentuk persegi.


DAFTAR PUSTAKA
http://unik90.blogspot.com/2010/09/ketupat-terbesar-di-dunia-ada-di.htmlIndonesia."
http://unik90.blogspot.com/2011/09/ketupat-daun lontar-di--ada-di.NTT"
www,http://co.id.blogspot.com/1999/06/ketupat- daun lontar."

0 komentar:

Posting Komentar